Keunggulan Drupal

Saat ini banyak yang menggunakan drupal bila dibandingkan dengan joomla dan inilah yang menjadi pertanyaan saya, Mengapa Memilih Drupal?

Drupal hanyalah setitik CMS di antara puluhan bahkan ratusan CMS di dunia. Popularitas Drupal tidaklah bagus di kalangan pemula, mereka umumnya memakai Joomla atau WordPress. Tindakan ini sangatlah tepat sebab Drupal memang tidak cocok untuk pemula.

Drupal mempunyai potensi yang sangat hebat, kemampuannya luar biasa sehingga tidak cocok untuk pemula. Tetapi jika anda membutuhkan CMS yang memiliki Framework yang hebat maka Drupal dapat memenuhi keinginan anda. Lihat saja buktinya, ratusan website besar memakai Drupal termasuk Google Labs, Yahoo Research, White House dan Ubuntu Linux.

Keunggulan Drupal:

1. Drupal bersifat open source. yang bisa digunakan secara personal maupun group untuk mengatur berbagai jenis content. Drupal dapat digunakan sebagai web portal, situs diskusi, situs perusahaan, bahkan blog dan aplikasi e-commerce. Drupal memiliki fungsi bulit-in dan modul-modul eksternal yang dapat langsung di-download gratis dari situsnya.

2. Drupal didesain sebagai sebuah publishing system cms. Kelebihan Drupal terutama dalam hal taksonomi. Taksonomi adalah ilmu tentang klasifikasi yang dalam hal ini berarti pengklasifikasian content yang bagus dalam sebuah website. Konsep taxonomy dalam Drupal terkenal sangat flekzibel dan powerfull ditambah dengan konsep node, dimana setiap node dapat berupa pages, stories, blog item, files, atau apapun yg berhubungan dgn konten itu sendiri. Inilah alasan kenapa Drupal sangat cocok dan tepat digunakan untuk situs2 yang mengandalkan konten sebagai nilai jual dan pengelompokan artikel yg komplek, seperti situs portal berita, artikel, knowledgebase, kolaborasi, dsb. 

3. Drupal memiliki dua konsep perkembangan yaitu Modular dan Extensible. Drupal menggunakan System Block atau Module yang dapat menambah fitur dari sebuah website. Drupal juga men-support standard programming seperti CSS dan XHTML.

4. Dukungan Database. Drupal meminimalisasikan query database dan penggunaan resource, juga memperluas persyaratan server sehingga mempermudah penginstallan. Drupal dapat beroperasi pada server yang menggunakan Apache Server, platform PHP dan MySQL/PostgreSQL database. Meski demikian Drupal menyediakan path freeware untuk menjalankan Drupal dengan menggunakan MS SQL.

5. Kemudahan Instalasi. Drupal sudah menyediakan instalasi dengan menggunakan Fantastico. Untuk instlasi manual memang agak repot karena kita harus membuat databasenya terlebih dahulu selain itu untuk proses create tabel-tabelnya juga harus dijalankan secara manual. Tapi ini hanya berlaku di Drupal versi 4, sedangkan Drupal 5.0 sudah menggunakan Web Based Installation, sama seperti Joomla atau Mambo.

6. Search Engine Frendly (SEF). Issue kedua yang penting adalah kemampuan website membuat link yang mudah dibaca dan cepat dikenali oleh search engine sehingga website anda dapat menempati urutan atas dari hasil pencarian searh engine. Pada Drupal, user dimungkinkan untuk mengubah nama link SEF sehingga dapat lebih mengenai sasaran. Itulah sebabnya mengapa website berbasis Drupal dapat menempati urutan atas search engine.

7. Access Control List (ACL) Pada Drupal, secara default hanya menyediakan 2 ACL saja, yaitu: Anonymous dan Authenticated. Sedangkan account Administrator otomatis mempunyai hak administrator secara penuh (Super Admin). Namun ACL pada Drupal dapat ditambahkan sebanyak-banyaknya, jadi anda dapat membuat Group Moderator, IT atau Editorial. Dan masing-masing User boleh memiliki lebih dari 1 Group!

8. Cache Memory. Cache memory pada CMS adalah kemampuan CMS untuk menyimpan secara dinamis halaman website yang telah dibuka, dengan demikian tidak perlu melakukan Query ulang pada database tetapi cukup 1 Query saja. Cache pada Drupal mampu meningkatkan kecepatan website menjadi 508%.

9. Fasilitas dan feature Lengkap.

a. BLOG

Drupal menyediakan Blog dalam pengertian Weblog yang sesungguhnya. Pengertian Blog pada Drupal sama dengan yang ada di WordPress maupun Revolution2.

b. Multisite

Multisite adalah kemampuan CMS untuk membuat website induk yang terdiri atas beberapa website anak. Sehingga jika perlu upgrade maka cukup induknya saja yang diupgrade. Ini berguna sekali untuk membangun website komunitas di mana masing-masing anggota mempunyai website-nya sendiri, menarik bukan? Fasilitas Multisite hanya terdapat di Drupal.

c. Personalisasi Data Anggota

Hal ini juga sering ditanyakan, bagaimana caranya menambah field Tanggal Lahir, Alamat, Kota, Nomor KTP dan sejenisnya? Pada Drupal fasilitas ini sudah tersedia, bahkan anda dapat membuat agar isian user berupa text, checkbox, list, multiline, freeform list, URL atau data tanggal. Drupal secara default dapat menampilkan foto anggota yang dikenal dengan istilah avatar.

d. Forum Diskusi Dan Komentar

Baik Forum maupun Komentar tersedia secara langsung di Drupal.

e. Melihat Arsip Berbentuk Kalendar

Melihat arsip berbentuk daftar adalah hal biasa, umumnya peserta menginginkan agar arsip dapat dilihat dalam bentuk kalendar. Drupal menyediakan arsip dalam bentuk kalendar secara default sedangkan Joomla memerlukan komponen tambahan dari pihak ketiga.

f. WYSIWYG Editor

Secara defauld Drupal tidak dilengkapi dengan built-in WYSIWYG Editor, dengan alasan untuk lebih memberi kebebasan kita memilih WYSIWYG Editor yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menginstal module TinyMCE atau yang lebih canggih, misalnya FCKEditor.

g. Tracker

Tracker adalah kemampuan CMS untuk menampilkan apa saja yang pernah ditulis atau dikirim oleh user tertentu. Pada website ini jika anda klik “Tracker” maka akan ditampilkan semua blog, artikel, forum, maupun komentar yang pernah anda tulis.

Drupal memiliki fungsi tracker secara default.

h. Online Shop

Drupal memiliki komponen atau modul tambahan untuk Online Shop dengan kemampuan yang baik.

(Sumber)

Tutorial Drupal, Klik saya.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s